Friday, May 29, 2009

Areola

Areola? ia adalah bagian organ wanita yang dikagumi kaum lelaki sepanjang jaman. Tapi apa itu areola?Areola adalah lingkaran berwarna lebih gelap dari payudara disekitar puting Mengapa punya sifat khusus warnanya yang lebih gelap? Inilah jawabannya.

Dalam ilmu anatomi, areola atau areolae, berasal dari bahasa latin "area" yang berarti ‘tempat terbuka’, adalah kulit berwarna gelap yang mengelilingi puting payudara manusia (areola mammae). Namun ternyata sebutan areola tidak hanya untuk payudara saja, ternyata kata areola ini juga digunakan untuk menyebut lingkaran kecil daerah yang terinfeksi di sekitar jerawat atau bisul.

Mengapa areola memiliki perbedaan warna dari daerah payudara lainnya? sebenarnya merupakan tanda pembatas dimana saluran susu dan kelenjar mammary berada. Dengan sebuah Pemeriksaan pada puting wanita dewasa, akan ditemukan beberapa lubang kecil yang tertata rapi secara radial (memutar) di ujung puting (lactiferous ducts) dimana ASI keluar saat menyusui.

Lubang-lubang kecil lain di areola adalah kelanjar sebaceous yang dikenal dengan kelenjar Montgomery yang memproduksi pelumas untuk menjaga sekitar puting saat dihisap bayi ataupun dipompa. Bintil kelenjar Montgomery akan terlihat jelas timbul di permukaan areola. Jaringan ini membantu aliran laktosa yang menjaga payudara agar tidak lecet saat menyusui.

Penyebab lain adalah melimpahnya dua polimer, yaitu eumelanin, zat warna kulit (pigment) coklat dan pheomelanin pigmen merah. Secara genetis, dua polimer ini diturunkan untuk menentukan warna areola. Mulai dari kuning pucat sampai hampir hitam, namun umumnya cenderung lebih cerah pada orang yang berwarna kulit cerah dan lebih gelap pada orang berwarna kulit lebih gelap. Secara individu, areola juga berubah sepanjang waktu, sejalan tubuh merespon perubahan hormonal karena menstruasi, pengobatan, dan menuanya usia. Saat paling mudah mengenali areola bertambah gelap adalah selama kehamilan. Pemulihan ke warna semula terjadi setelah kelahiran, namun kembali lagi, beragam antar indivvidu.

Bentuk dan ukuran areola juga bervariasi, pada wanita dewasa biasanya lebih lebar dari pria ataupun gadis sebelum masa pubertas. Areola manusia hampir semuanya berbentuk lingkaran, namun banyak pria yang memiliki areola berbentuk elips.

Diameter areola pria umumnya sekitar 2,5 cm, sedangkan wanita dewasa umumnya 3 cm, wanita yang pernah melahirkan sekitar 10 cm. Sedangkan wanita yang sedang menyusui atau memiliki payudara yang lebih besar cenderung memiliki areola yang lebih besar.

Source: RahasiaPayudara.com

12 comments:

  1. Prof boleh ikutan baca gak ya...??
    Waduw..., dah terlanjur kebaca...

    ga pa2, meski tak punya tapi sebagai tmabahan pengetahuan saja.....

    ReplyDelete
    Replies
  2. namanya susah disebut. tapi unik lho. kyk aurelia gitu. he he he...kok kamu ahli banget sih soal ginian?

    ReplyDelete
  3. *garuk-garuk kepala. ora ngertos.

    numpang liwat aja deh ya..

    ReplyDelete
  4. kalau laki laki bisa engggak ya? mas punya payudarh montong

    ReplyDelete
  5. baru tau nama dr lingkaran itu....
    aku prnah dnger klo ternyata smakin besar lingkaran areola menyatakan bahwa besar pula daerah yg membuat wanita itu mudah terangsang...
    jd secara gak langsung, cwek yg punya areola besar itu gampang terangsang (contohnya aku),,,
    tapi bner apa enggaknya info ini kurang tau deh
    thanks ya atas infonya~

    ReplyDelete
  6. ijin majang link ini di blog ana gan...
    Kalo udeh complit boleh lah sekiranya agan mengunjungi blog ana...salam sukses eah...
    http://yogaprastyo.heck.in/

    ReplyDelete